Minggu, 04 Desember 2011

faktor faktor kenakalan remaja


NAMA : LALU WAHYU REZA PRATAMA
NIM : 11018144
KELAS : C

MAKALAH BAHASA INDONESIA


FAKTOR FAKTOR KENAKALAN REMAJA


Latar Belakang
            Maraknya kenakalan remaja meliputi semua prilaku yang menyimpang dari ajaran agama dan norma norma hukum yang dilakukan oleh remaja.Dengan prilakunya yang seperti itu dapat murugikan dirinya sendiri dan masyarakat yang ada di sekitarnya.ini sungguh memperhatinkan terutama untuk keluarganya atas prilakunya,lebih lebih pada bangsa kita ini,oleh sebab itu kita sebagai mahasiswa baru peduli akan tanggap moral moral remaja yang sangat  betrolak belakang dengan apa yang telah ditentukan oleh sang maha pencipta, seperti dalam hal penyalah gunaaan obat obatan terlarang, pergaulan bebas, minum minuman keras  kekerasan yang terjadi dimana mana  yang tidak  bisa meminit pada dirinya masing masing sehingga munculah benih benih kenakalan pada remaja itu sendiri.
            Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa kenakalan merupakan suatu pengertian yang  memuat segi segi juridis maupun segi sosiologis, Berdasrkan kenyataan ini, sangat dituntut peranan keluarga ataupun orang tua untuk mengarahkan anak anak remaja, sehingga tidak terjerumus kenakalan remaja. Disammping itu juga masyarakat harus ikut berpartisipasi untuk mencegah timbulnya kenkalan remaja karena adalah kewajiban setiap orang untuk ikut berpikir dan bertindak mengarahkan kehidupan remaja untuk menjadi orang yang berguna bagi penerus bangsa dan Negara.
Faktor Faktor Kenakalan Remaja
-Kurangnya kasih sayang orang tua dan pengawasan dari orang tua, contohnya: kita boleh saja membiarkan dia melakukan apa saja yang masih sewajarnya, dan menurut kita apabila dia telah melewati batas akan prilaku yang sewajarnya, kita sebagai orangtua perlu member tahu dia akan dampak dan akibat yang terus dianggungnya dari prilakunya sudah melewati batas tersebut.
- Pergaulan dengan temen yang tidak sebaya dengan dirinya. Biarkanlah dia bergaul dengan temen yang sebaya,yang hanya beda umur 2,3 atau 4 tahun baik lebih tua darinya, karena apabila kita membiarkan dia bergaul dengan temen yang tidak sebaya denganya, yamg gaya hidupnya lebih jauh berbeda, maka dia pun bisa ikut terbawa dengan gaya hidup yang belum waktunya untuk dia jalani.
-Peran dari perkembangan dari ilmu teknologi yang berdampk negative  yang salah dipergunakan kebanyakan remaja saat ini. Pengawasanlah yang disini diperlukan secara intensif teradap media komunikasi seperti handphone,televise,radio,internet dan lain lain.
-Kurangnya dasar dasar ajaran Agama kepadanya. Seharusnya remaja yang terlibat pada kenakalan remaja perlu pembelajaran agama sejak usia dini atau masih anak anak seperti beribadah kepada tuhan yang maha esa,mengunjungi tempat tempat ibada menurut kepercayaan masing masaing.
-Kurangnya bimbingan kepribadian di sekolah. Disini diperlukan bimbingan kpribadian yang harus banyak karena disanalan tempat menghabiskan waktu luangnya yang cukup banyak untuk melakukan perbuatan perbuatan positif selain di rumah mereka.
-Linkungan yang kurang baik. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan remaja tertama dalam pergaulannya. Pergaulan  sangat menentukan kepribadian remaja,karena baik buruknya tergantung dari pandai atau tidanya remaja tersebut terutama dalam lingkungannya. Apabila dalam lingkungan remaja itu baik maka perbuatannya jelas akan baik,sebaliknya apabila lingkungan remaja itu buruk otomatis prilaku remaja tersebut akan menyimpang dari ajaran agama dan norma norma hukum  yang  telah ditentukan.
            Dari uraian diatas penulis juga dapat memberikan ciri ciri kenakalan remaja dan akibat dari kenkalan kenkalan tersebut, adalah sebagai berikut:
Ciri ciri Kenakalan Remaja
Dalam hal ini terdapat beberapa macam ciri cirri tentang kenakalan remaja adalah sebagai berikut:
1.pemarah, apabila menghadapi suatu  per masalahan dan masalah itu tidak terasa cocok maka seketika dia bisalangsung marah.
2.pemalas, bisanya kalau seseorang apabila sudah terjerumus kedalam hal yang negative biasanya akan menjadi seorang pemalas dalam segala hal yang bersifat baik.
3.tidak memiliki rasa belas kasih yang besar dan mudah putus asa/tidak sabaran.
4.tidak sama sekali mengenal yang namanya dosa dan tidak pernah akan rasa takut oleh siapapun yang brada didekatnya entah itu orang tuanya atau orang lain
5.potongan rambut atau keadaan tubuhnya tidak pernah diperhatikan.
6.apabila dilihat dari segi penampilan dan pakaiannya tidak pernah memakai pakaian yang rajin atau rapi,malahan serinng memakai pakaian yang tidak pantas untuk dipakai, seperti laki laki memakai pakaian permpuan atau sebaliknya.
7.tidak mendengar nasehat yang diberikannya dan berkata kotor
8. dan lain lain


Akibat dari Kenakalan Remaja
Setelah  seseorang melakukan perbuatan baik itu baik, maka ia pasti akan menerima atau mendapatkan manfaat , dan apabila ia selalau melakukan dan mengerjakan parbuatan yang menyimpang dari ajaran agama dan melanggar norma norama hukum  Negara yang sudah ditentukan maka pasti ia akan mendapatkan akibatnya. Begitu juga dengan remaja yang dengan kenakalannya. Berikut akibat dari kenakalan remaja diantaranya adalah:
1.akan di benci dan dimusuhi banyak orang
2.tidak disukai oleh khalayak.
3.tentunya akan dijauhi banyak orang.
4.merusak nama baik keluarga.
5.apabila bertempat di masyarakat akan mendapatkan teguran dari masyarakat setemmpat.
6.orang orang yang  berada didekatnya, semuanya menjauh.
7. putus sekolah dan masa depan buram
8.cacat fisik,berpenyakit karena hubungan sekssual yang bebas.
9.gangguan kepribadian antisocial dan penjara karena tindakan kriminlitas dll.
Saran
            Dalam hal kenakalan remaja ini sangat perlu di benahi untuk  demi kebaikan bangsa dan Negara. Mulai dari kalangan orang tua terutama harus mengajarkan apa yang harus dikeerjakan anaknya dalam usia remaja sperti mengajarkannya tentang keAgamaan beribadah kepada tuhan yang maha esa, taat paraturan yang berlaku tidak selalu membuat permasalahan pada masyarakat sekitar dengan begitu akan tercipta yang namanya kesejahtraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar